Mojokerto – Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah UB. Barokah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Gedung PPPM Al Hikmah, Surodinawan, pada Sabtu (9/1/21). Rapat ini membahas Pencapaian kinerja koperasi di tahun 2020 dan Rencana Kerja pengurus Tahun 2021. RAT dihadiri 40 orang meliputi anggota dan juga tamu undangan dari perwakilan anggota KSPPS UB. Barokah. KSPPS UB. Barokah merupakan Koperasi yang berada dibawah pembinaan bidang EPM DPD LDII Kota Mojokerto, yang saat  ini jumlah anggotanya mencapa 1050 orang.

Yudi Suryanto selaku sekretaris, mewakili Ketua Koperasi yang saat kegiatan RAT berhalangan hadir dikarenakan sakit mengatakan,”Tujuan RAT dilaksanakan untuk mensosialisasikan serta memaparkan laporan pencapaian kinerja dan juga kegiatan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah UB. Barokah di tahun buku 2020 baik laba rugi dan juga neraca keuangan koperasi,” kata Yudi.

Dia juga memaparkan,”Dan juga Pencapaian meliputi program-program yg sudah di jalankan saat ini seperti penggunaan Aplikasi UB Pay Syariah yaitu aplikasi android yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai kebutuhan seperti pembayaran PLN, PDAM, Telepon, Isi Ulang Pulsa, Paket Data, Beli Tiket Kereta, Pesawat & lainnya”,  papar Yudi.

RAT kali ini dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, Ibu Ani Wijaya, SE, MM. Dalam sambutannya beliau mengatakan, Sebagai patrner program pemerintah, dalam masa pendemi ini dampak ekonomi dirasakan oleh semua masyarakat. Sesuai dengan program Ibu Walikota saat ini akan fokus dalam pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Kota Mojokerto dengan mengajak KSPPS UB. Barokah selalu bersinergi dengan Pemerintah Kota dalam hal pemulihan ekonomi tersebut. Dan beliau bangga atas prestasi yang diterima oleh KSPPS UB. Barokah sebagai Koperasi terbaik ke dua  se – Jawa Timur yang diadakan oleh Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, Ibu Elly Widiawati, SE, M.Si selaku Kasi Bina Usaha Yang mendampingi Plt. Kepala Dinas Koperasi dalam sambutannya mengatakan, dari semua Koperasi Syariah yang ada di Kota Mojokerto hanya KSPPS UB. Barokah yang sudah terbukti sesuai dan konsisten dalam sistem kesyariahannya, yang lainnya masih belum sesuai dengan sistem syariahnya.

Yudi Suryanto menyampaikan,”Apa yang di capai  KSPPS UB. Barokah   tidak luput dari peran serta ke aktifan anggota koperasi dalam pembiayaan,” tuturnya.

Hal tersebut di amini oleh Drs. H. Gatot Subianto, MM  sebagai Ketua Badan Pengawas Koperasi, dia menyampaikan,”Kinerja koperasi di tahun 2020 cukup memuaskan , banyak program yang di gulirkan pengurus yang bekerja keras menjalankan usaha koperasi dengan baik,” imbuhnya.

“Pengurus  melakukan banyak saving, salah satunya saving tidak adanya uang transport rapat, semua keuntungan yang di dapat koperasi masuk semuanya ke Kas koperasi, jadi pengurus koperasi tidak mencari keuntungan pribadi, mereka  mengabdikan diri untuk mengemban amanah mengelola koperasi walau tanpa di gaji,” ungkap Gatot Subianto.

RAT kali ini berjalan dengan lancar dan sukses walaupun ada sedikit perbedaan pendapat dalam forum tersebut namun bisa diantisaipasi dengan baik.

Yudi Suryanto menyampaikan hasil RAT kali ini memutuskan 2 point yang telah di sepakati bersama,”Pertama SHU akan dibagikan dalam bentuk uang dan pembagiannya akan mulai dilakukan bulan Februari 2021. Ke-2 penambahan anggota Pengawas untuk periode tahun 2021 – 2023,” ungkapnya.

Penulis: Yoed SB